Minggu, 29 April 2012

ANDAI Aku BISA KEMBALI Aku INGIN TIDAK ADA TANGISAN ANDAI Aku BISA KEMBALI Aku TIDAK INGIN ADA LAGI HAL YANG SAMA TERJADI PADAKU TERJADI PADA SIAPAPUN TUHAN ANDAI Aku BISA MEMOHON JANGAN ADA TANGIS DAN DUKA DI DUNIA LAGI TUHAN ANDAI Aku BISA MENULIS SURAT UNTUKMU JANGAN PISAHKAN Aku DARI SAHABAT DAN ORANG YANG Aku SAYANGIN.




Tugas softskill bulan mei
1. Bentuk LC (letter of credit)
Letter of credit /LC adalah sebuah cara pembayaran internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan keluar negeri (kepada pemesan).






Pelaku L/C
 Applicant atau pemohon kredit adalah importir (pembeli) yang mengajukan aplikasi L/C.
 Beneficiary adalah eksportir (penjual) yang menerima L/C.
 Issuing bank atau opening adalah bank pembuka L/C.
 Advising bank adalah bank yang meneruskan L/C, yaitu bank koresponden (agen) yang meneruskan L/C kepada beneficiary. Bank tidak bertanggung jawab atas isi L/C dan hanya bertindak sebagai perantara.
 Confirming bank adalah bank yang melakukan konfirmasi atas permintaan issuing bank dan menjamin sepenuhnya pembayaran.
 Paying bank adalah bank yang secara khusus ditunjuk dalam L/C untuk melakukan pembayaran dan beneficiary berkewajib
 Carrier adalah pengangkut barang yang dikirim (Perusahaan Pelayaran/Penerbangan) untuk dibeberapa negara dengan perbatasan darat bisa juga perusahaan angkutan darat seperti truk, kereta Dll).
Tata cara pembayaran dengan L/C
1. Importir meminta kepada banknya (bank devisa) untuk membuka suatu L/C untuk dan atas nama eksportir. Dalam hal ini, importir bertindak sebagai opener. Bila importir sudah memenuhi ketentuan yang berlaku untuk impor seperti keharusan adanya surat izin impor, maka bank melakukan kontrak valuta (KV) dengan importir dan melaksanakan pembukaan L/C atas nama importir. Bank dalam hal ini bertindak sebagai opening/issuing bank. Pembukaan L/C ini dilakukan melalui salah satu koresponden bank di luar negeri. Koresponden bank yang bertindak sebagai perantara kedua ini disebut sebagai advising bank atau notifiying bank. Advising bank memberitahukan kepada eksportir mengenai pembukaan L/C tersebut. Eksportir yang menerima L/C disebut beneficiary.
2. Eksportir menyerahkan barang ke Carrier, sebagai gantinya Eksportir akan mendapatkan bill of lading.
3. Eksportir menyerahkan bill of lading kepada bank untuk mendapatkan pembayaran. Paying bank kemudian menyerahkan sejumlah uang setelah mereka mendapatkan bill of lading tersebut dari eksportir. Bill of lading tersebut kemudian diberikan kepada Importir.
4. Importir menyerahkan bill of lading kepada Carrier untuk ditukarkan dengan barang yang dikirimkan oleh eksportir.


Bank dari pihak importir mengonfirmasikan dibukanya L/C oleh importir atas nama eksportir.


Eksportir menyerahkan barang dan mendapatkan bill of lading


Eksportir menukarkan bill of lading dengan uang, bill of lading kemudian diteruskan oleh bank kepada importir


Importir menukarkan bill tersebut dengan barang
Jenis-jenis L/C
 Revocable L/C
Adalah L/C yang sewaktu-waktu dapat dibatalkan atau diubah secara sepihak oleh opener atau oleh issuing bank tanpa memerlukan persetujuan dari beneficiary.
 Irrevocable L/C
Irrevocable L/C adalah L/C yang tidak bisa dibatalkan selama jangka berlaku (validity) yang ditentukan dalam L/C tersebut dan opening bank tetap menjamin untuk menerima wesel-wesel yang ditarik atas L/C tersebut. Pembatalan mungkin juga dilakukan, tetapi harus atas persetujuan semua pihak yang bersangkutan dengan L/C tersebut.




 Irrevocable dan Confirmed L/C
L/C ini diangggap paling sempurna dan paling aman dari sudut penerima L/C (beneficiary) karena pembayaran atau pelunasan wesel yang ditarik atas L/C ini dijamin sepenuhnya oleh opening bank maupun oleh advising bank, bila segala syarat-syarat dipenuhi, serta tidak mudah dibatalkan karena sifatnya yang irrevocable.
 Clean Letter of Credit
Dalam L/C ini tidak dicantumkan syarat-syarat lain untuk penarikan suatu wesel. Artinya, tidak diperlukan dokumen-dokumen lainnya, bahkan pengambilan uang dari kredit yang tersedia dapat dilakukan dengan penyerahan kuitansi biasa.
 Documentary Letter of Credit
Penarikan uang atau kredit yang tersedia harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen lain sebagaimana disebut dalam syarat-syarat dari L/C.
 Documentary L/C dengan Red Clause
Jenis L/C ini, penerima L/C (beneficiary) diberi hak untuk menarik sebagian dari jumlah L/C yang tersedia dengan penyerahan kuitansi biasa atau dengan penarikan wesel tanpa memerlukan dokumen lainnya, sedangkan sisanya dilaksanakan seperti dalam hal documentary L/C. L/C ini merupakan kombinasi open L/C dengan documentary L/C.
 Revolving L/C
L/C ini memungkinkan kredit yang tersedia dipakai ulang tanpa mengadakan perubahan syarat khusus pada L/C tersebut. Misalnya, untuk jangka waktu enam bulan, kredit tersedia setiap bulannya US$ 1.200, berarti secara otomatis setiap bulan (selama enam bulan) kredit tersedia sebesar US$ 1.200, tidak peduli apakah jumlah itu dipakai atau tidak.
Back to Back L/C
Dalam L/C ini, penerima (beneficiary) biasanya bukan pemilik barang, tetapi hanya perantara. Oleh karena itu, penerima L/C ini terpaksa meminta bantuan banknya untuk membuka L/C untuk pemilik barang-barang yang sebenarnya dengan menjaminkan L/C yang diterimanya dari luar negeri.
Transferable L/C
Beneficiary berhak memnita kepada bank yang diamanatkan untuk melakukan pembayaran/akseptasi kepada setiap bank yang berhak melakukan negosiasi, untuk menyerahkan hak atas kredit sepenuhnya/sebagian kepada pihak ketiga
2. Bentuk dari wesel dagang 


Pembayaran dengan Surat Wesel Dagang (Commercial Bill of Exchange atau Commercial draft atau Trade Bill)
Surat wesel dagang adalah pembayaran yang dilakukan dengan cara eksportir menarik surat wesel atas importir sejumlah harga barang-barang beserta biaya-biaya pengiriman.


Dalam surat wesel tersebut harus dilampiri dokumen-dokumen berupa :
- Faktur (Invoice)
- Konsumen atau surat muatan (Bill of lading)
- Daftar isi barang (packing list)
- Surat keterangan asal barang (Certificate of origin)
- Surat ketrangan pabean
- Surat asuransi (insurence)


Wesel adalah surat perintah pembayaran dari seseorang (Penarik wesel) yang ditujukan kepada orang lain (yang kena traik) untuk membayar sejumlah uang tertentu (nilai nominal wesel) kepada seseorang yang ditujukan dalam surat wesel (pemegang wesel) pada tanggal yang sudah ditentukan (hari jatuh tempo)


Cara pembayaran semacam ini sekarang masih banyak digunakan dalam lalu lintas pembayaran internasional. Dengan surat wesel, apabila eksportir membutuhkan uang sebelum jatu tempo, maka ia dapat mejualnya kepada pihak lain, yang kelak akan menukarkannya kepada importir setelah wesel itu jatuh tempo.


Keterangan :
1. Pembeli (importir) dan penjual (eksportir) mengdakan kesepakatan kontrak jual beli atas sejumlah barang, dengan syarat-syarat pembayaran tertentu.
2. barang dikirim oleh eksportir kepada importir dengan alat angkut tertentu yang telah disepakati sebelumnya.
3. Eksportir menyerahkan dokumen-dokumen kepada remitting bank (bank di negara eksportir yang dipercaya untuk melakukan penagihan kepada bank di Negara importir)
4. Remitting bank melakukan Collection order (penagihan) dengan menyertakan dokumen-dokumen yang dikirm kepada collecting bank (bank yang di nergara impor yang akan melakukan pembayaran barang)
5. Collection bank menyerahkan dokumen-dokumen surat wesel dagang kepada importir
6. Importir menerima dokumen-dokumen atau menyetujui serta melakukan pembayaran
7. Collection bank melakukan aseptasi atau pembayaran kepada remitting bank
8. Remitting bank melakukan aseptasi atau pembayaran kepada eksportir.


3.pengertian dari Hard currency dan Soft currency
Valas atau foreign exchange (forex) atau foreign currency diartikan sebagai mata uang asing dan alat pembayaran lainnya yang digunakan untuk melakukan atau membiayai transaksi ekonomi dan keuangan internasional atau luar negeri.
Hard Currency : Mata uang asing yang sering digunakan sebagai alat pembayaran dan satuan hitung transaksi ekonomi dan keuangan internasional. Hard Currency ini umumnya berasal dari negara-negara industri maju, seperti USD, JPY, AUD,GBP.
Soft Currency : Mata uang lemah yang jarang digunakan sebagai alat pembayaran dan satuan hitung transaksi ekonomi dan keuangan internasional. Soft Currency umumnya berasal dari negara-negara sedang berkembang, seperti rupiah, peso, dan bath.





Kamis, 12 April 2012

Oriflame? ngga ah.. soalnya....


Share
SEMANGAT PAGI!!!! welcome to my blog! pagi ini mau sharing, tentang alesan kenapa sih seseorang belum mau gabung Oriflame...
Banyak banget orang yang udah kita tawarin Oriflame, tapi banyak banget alesan yang bikin orang belum mau gabung.. kaya gini nih macem-macem alesannya...

Oriflame? Yah udah banyak... ngga deh.
Yup! bener banget Oriflame udah buanyak banget! siapa yang ga tau Oriflame? kayanya ga ada ya hehehe hampir semua orang tau Oriflame, tapi coba tanya ke mereka yang 'katanya' udah join Oriflame... udah dapet gaji/bonus berapa dari Oriflame? udah pernah keluar negri GRATIS belum dari Oriflame? udah pernah ditraktir dihotel2 mewah di Jakarta belum sama Oriflame? nahhh..... kalo mereka naikin alis dan bilang 'hah? apaan tuh? ' itu tandanya mereka belum tau apa itu Oriflame yang sebenarnya... mereka cuma jualan.. dan jualan. makanya yuk kita jadi Oriflamers (cailah) yang memang ambil semua keuntungan yang Oriflame kasih, yaitu look great (tampil lebih cantik/ganteng pastinya),make money(jualan produknya + BISNIS dwongg) ,have fun (siapa yang ga have fun kalo diajak ke LN gratis? ) . Toh katalog kita sama, biaya pendaftaran juga sama. yang beda cuma 1 KEMAUAN nya aja kan? hehe. Nah sekarang coba tanya sama diri sendiri, mau jadi Oriflame yang biasa aja atau luar biasa? :)) btw tukang cabe dipasar jualannya samping2an loh, tapi tetep aja laku tuh.. yakan? soalnya mereka punya cara nawarin masing2, dan tenang aja rezeki ga akan ketuker kalo kita terus usaha. betul?


Oriflame? Jualan gitu ya? ah ga bakat.. males.. gengsi...
Ini nih yang kebanyakan orang juga jadiin alesan.. padahal di Oriflame ga pake deh bakat ga pake juga males(yaiyalah, kalo males mana bisa sukses) apalagi gengsi? kelaut aje :p hehhehe hari gini gengsi mau dapet duit darimana?
emang kenapa kalo jualan? takut ya dibilang sales.. hehehe. padahal apa yang salah dari sales? ga ada, kalo menurut aku. cuma sebenernya gengsi aja takut dibilang sales. Terus kalo ada yang bilang 'ga bakat' nah ini dia! Oriflame itu katalog nya udah keren buanget.. ga perlu kita jelasin semua produk di dalem katalognya orang aja udah tertarik pas kita bawa katalog Oriflame.. taruh aja katalog di meja tamu atau dititip temen pasti ada aja yang pesen, karna katalog nya udah cukup menarik. Bakat itu lama2 muncul sendiri kok... kan learning by doing hehehe. jadi udah ga usah gengsi, gengsi kan ga bikin kenyang kan? ;p

Oriflame? oh yang ngerekrut-rekrut gitu ya?susah ah... takut di tolak...
Ini yang juga jadi alesan buat kebanyakan orang yang belum tau 'seutuhnya' (cailah) tentang Oriflame. Ngerekrut susah? emang! susah kalo ga ada ilmu nya.. semua nya itu butuh proses, dan butuh action secara terus2 menerus,kalo baru pertama kali rekrut terus ditolak itu wajar namanya juga baru pertama pasti ngomong masih deg deg an, masih kacau, tapi gapapa.. dari situ kan kita belajar. ya toh? kalo ga mau action kapan bisanya? takut di tolak? belom action aja udah takut ditolak.. coba aja dulu masalah ditolak mah belakangan. mau diterima? ACTION terus dan tambah ILMU nya.. semakin sering action + belajar makin gampang rekrut.. DIJAMIN!
YUK REKRUT!!

Oriflame? oh bisnis MLM ya? yang bisa ikutan kan cuma kalangan elit....
Baru kemaren prospek orang baru dan alesan ini yang keucap dari mulutnya.. katanya Oriflame cuma buat orang elit.. ini pemikiran yang SALAH BESAR . iyalah salah, kalo Oriflame buat kalangan elit, kira2 mungkin ga anak kuliah, anak sekolah, ibu rumah tangga, mba2 admin di klinik, pembantu rumah tangga, supir taksi, dan kasir sebuah supermarket dan lain-lain bisa ikutan? kayanya ngga ya? jadi hapus deh pemikiran yang bilang yang bisa join Oriflame cuma kalangan elit... yang BENER itu adalah yang bisa join Oriflame yang PEMIKIRANNYA elit. Bukan lingkungan. kalo ngerasa tinggal atau hidup dikelilingi lingkungan yang menurutmu 'ga elit' pertanyaannya aku aadalah... Berani ngga KELUAR dari lingkungan tersebut? keluar disini maksudnya keluar dari pola pikirnya bukan pindah hehehe. kalo jawabannya ga berani, jangan kaget kalo akhirnya kita akan sama seperti mereka. alias ya gitu2 aja hidupnya.. tapi kalo jawabannya BERANI ya siap2 dapet hal2 yang mengejutkan hehehe, yang pasti ngubah kehidupan kita ke arah yang lebih baik. kaya slogan di iklan aja "kalo bukan kita yang mengubahnya, siapa lagi??' yakan? heheheh. Orang yang sukses karena lingkungannya memang sudah sukses itu BIASA, tapi orang yang sukses padahal lingkungannya tidak mendukung untuk suskes nah itu baru LUAR BIASA. mau pilih mana? biasa atau luar biasa?
LET'S MAKE THAT CHANGE!!


Oke deh segitu dulu aja sharing dari aku tentang alesan2 orang belum mau join Oriflame...
Yuk, jadi yang orang beda.. yang mau nyoba banyak hal baru... :DD
MLM??? kenapa harus Oriflame? dan kenapa harus bersama boss family? :)


Share
Hay hay hay! selamat pagi readerssss... hehehe
Ga berasa ya udah jumat aja.. weekend nih ya.. Pagi ini aku mau sharing tentang MLM.. dan KENAPA HARUS ORIFLAME? :)


1. Perusahaan Oriflame sudah 45 tahun di Indonesia
Hari gini makin banyak ya MLM bertebaran dimana2.. nah,kalo mau bisnis MLM liat2 dulu perusahaanya.. jangan asal ikut... nanti udah ikut, eh tiba2 perusahaanya kolaps. hehe. Nah Oriflame ini sendiri, udah ada di Indonesia selama 25 tahun.. lama ya? dan alhamdulillah ga pernah bangkrut.. stabil.. Oriflame Indonesia juga punya 14 cabang di kota2 besar Indonesia dan Oriflame ini perusahaan kecantikan berbasis penjualan langsung terbesar di Eropa dan sudah hadir di 63 negara. Jadi ga usah ragu lagi join Oriflame.. dari sabang sampai merauke cabangnya ada hehehe (kalopun ga ada pasti ada terdekatnya) .



2. Produk
Pasti udah pernah deh liat katalog Oriflame.. yakan? atau paling ngga produknya. Oriflame itu produk kosmetik alami yang berasal dari Swedia. Dan ada 950 produk dan selalu ada produk baru setiap bulannya,Oriflame juga produk yang bisa masuk ke siapa aja.. alias pangsa pasar nya luas.. ga mengenal usia/gender.. makanya di jaringanku semua usia ada deh hehehe, cewe cowo juga ada :) udahgitu produk nya mudah dijual, dan repeat order nya tinggi.. namanya juga barang yang habis pakai.. jadi kalo habis orang pasti beli lagi dong? :D gimana makin yakin kan kalo Oriflame itu MUDAH.


3. Plan/sistem
Sistem Oriflame itu gabungan antara Direct Selling (penjualan langsung) sama MLM (Multi Level Marketing) . Jadi, dari jualan aja kita udah dapet keuntungan langsung karena kita sbg distributor langsung kasih barang ke konsumen.. nah kalo sistem MLM nya itu yag disebut bisnisnya dan dapet gaji perbulan (untuk info lebih lanjut hub aku ya ). Dan sistem Oriflame sangat amat MUDAH di duplikasi, malah wajib di duplikasi.. hehehe. Jadi wajib banget nyontek upline kalo mau naik level dan sukses :)))


4.People
Nah ini sama yang kaya tadi udah aku singgung.. Oriflame ini pangsa pasarnya luas.. siapapun bisa ikut yang penting syaratnya cuma punya KEMAUAN. udah itu aja. Dan disini tepatnya di Boss Family bener2 di support baik online maupun offline... Jadi ga cuma join trus udah. tapi join terus dibantuin deh sampe sukses :)) ada training2 nya setiap sabtu atau minggu, ada acara bulanannya, ada jalan2 nya.. duh seru deh pokoknya... dan itu training2nya GRATIS! asik kan? kurang di support apalagi? hihihihi.
Jadi tunggu apalagi? yuk ikutan Oriflame yang pastinya bareng sama Boss Family :))

RENCANAKAN SUKSES ANDA BERSAMA BOSS FAMILY :)
Good Morning... pagi ini mau ngepost tentang promo barunya Oriflame ahhh.. yuk bisnis mumpung daftar/gabung lagi gratis.. mumpung lagi banyak promo... ga usah nunggu ntar2 daftarnya, ga usah bingung.. ga usah nunggu kepepet.. hehehe
ORIFLAME is SIMPLE bisnis! nih caranya..
tuh gitu doang... keliatan ngga? nih ya aku jelasin.. jadi caranya cuma bayar pendaftaran 39.900 perak ( bisa transfer ke aku atau bayar ditempat pada saat starterkit dateng) terus jangan lupa syarat pendaftaran.. cuma fotokopi ktp/sim bagi yang belum punya alias masih di bawah 17 tahun, persyaratannya cuma fotokopi kartu pelajar + ftkp ktp orang tua (boleh aya atau ibu) + surat izin dari orang tua yang isinya mengizinkan kamu menjadi member Oriflame. gampang kan?
tadi katanya daftarnya GRATIS ? gimana sih caranya...
jadi,setelah bayar pendaftaran 39.900 + persyaratan lengkap kan dapet tuh starterkit, nah didalem starterkit, ada 2 buah katalog GRATIS,coba deh tawarin ke temen2,tetangga,siapapun yang berwujud manusia hehehe untuk cobain produk Oriflame.. dijamin ngga nyesel.. dari katalog tersebut, kumpulin belanjaan sebanyak 175.000 rupiah aja... setelah itu orderin ke Oriflame (tinggal telfon barang dianter)

Selasa, 03 April 2012

tugas softskill artikel minggu 1

BAB 1 dan 2
(Latar Belakang dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis)


1.Latar Belakang Penyelenggaraan Komunikasi dengan pasar

Komunikasi merupakan hal yang fundamental didalam kehiupan sehari-hari. Sebagai makhluk social, berkomunikasi itu merupakan hal penting untuk berhubungan antara satu dengan yang lainya.. dalam hal ini komunikasi dengan pasar sangat diperlukan karena bagi para pengusaha yang menginginkan proses produksinya berjalan dengan lancar maka diperllukan komunikasi yang baik dengan pihak lain.
Dalam lingkungan bisnis, ada aneka sarana komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan masyarakat konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan yang tersedia antara lain adalah dalam wujud pengiriman surat, pengiriman kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi dan lain-lain.
Dalam kehidupan bisnis dalam era globalisasi dan perdaangan bebas saat ini, informasi mengalir dari dalam dan luar perusahaan melalui batas-batas wilayah dan Negara. Oleh karena itu sangatlah penting bagi pimpinan dan pegawai perusahaaan untk selalu meningkatkan ketrampilanya didalam berkomunikasi, khususnya berkomunikasi dalam dunia bisnis ( pasar)

2.Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol")
Komponen komunikasi hampir sama dengan unsur-unsur komunikasi, yaitu :
komponen komunikan;
komponen komunikator;
komponen pesan;
komponen umpan balik.

(1) Komponen komunikan
Seseorang dapat dan akan menerima pesan apabila dalam kondisi sebagai berikut: - pesan komunikasi benar-benar dimengerti oleh penerima pesan
- pengambilan keputusan dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan
- pengambilan keputusan dilakukan secara sadar untuk kepentingan pribadinya

(2) Komponen komunikator
Komunikasi dapat berjalan efektif bila : adanya kepercayaaan dalam diri komunikator (self credibility) dan kepercayaan kepada komunikator mencerminkan pesan yang diterima komunikan dianggap benar serta sesuai kenyataan dan daya tarik komunikator (source attractiviness).

(3) Komponen pesan
Pesan dapat berupa nasehat, bimbingan, dorongan, informasi dll. Pesan dapat disampaikan lisan maupun non verbal.
(4) Umpan balik
Merupakan respon yang diberikan oleh komunikan terhadap pesan yang diterimanya. Umpan balik dapat digunakan untuk mengukur besarnya informasi yang diterima dibandingkan dengan yang diterima.

3.Tujuan Komunikasi

1.Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang ia terima, supaya gagasan tersebut dapat diterima orang lain dengan pendekatan persuasif, bukan memaksakan kehendak.
2.Melakukan suatu tindakan yang selaras sebagaimana diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
3.Memahami orang lain, kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan, jangan mereka menginginkan kemauannya.
4.Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau berubah pendapat dan persepsinya terhadap tujuan informasi itu disampaikan, misalnya dalam informasi mengenai pemilu.

4.Komponen-komponen Komunikasi
Beberapa komponen komunikasi meliputi :
a.Komunikator / Communication yaitu subyek yang menerima pesan / informasi atau berita.
b.Komunikan / Communicate yaitu subyek yang menerima / dituju berita yang dikirimkan.
c.Pesan / berita / warta (message).
d.Respon / response yaitu tanggapan.
e.Media / tool / technology yaitu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan warta / pesan.
Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
Sosial-psikoilogis
Meliputi, misalnya tata hubungan status di antara mereka yang terlibat, peran yang dijalankan orang, serta aturan budaya masyarakat di mana mereka berkomunikasi.
Sumber-Penerima
Kita menggunakan istilah sumber-penerima sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan untuk menegaskan bahwa setiap orang yang terlibat dalam komunikasi adalah sumber (atau pembicara) sekaligus penerima (atau pendengar).
Enkoding-Dekoding
Dalam ilmu komunikasi kita menamai tindakan menghasilkan pesan (misalnya, berbicara atau menulis) sebagai enkoding (encoding). Dengan menuangkan gagasan-gagasan kita ke dalam gelombang suara atau ke atas selembar kertas, kita menjelmakan gagasan-gagasan tadi ke dalam kode tertentu. Jadi, kita melakukan enkoding.

Kompetensi Komunikasi
Kompetensi komunikasi mengacu pada kemampuan anda untuk berkomunikasi secara efektif (Spitzberg dan Cupach, 1989). Kompetensi ini mencakup hal-hal seperti pengetahuan tentang peran lingkungan (konteks) dalam mempengaruhi kandungan (content) dan bentuk pesan komunikasi (misalnya, pengetahuan bahwa suatu topik mungkin layak dikomunikasikan kepada pendengar tertentu di lingkungan tertentu, tetapi mungkin tidak layak bagi pendengar dan lingkungan yang lain).
Pesan
Pesan komunikasi dapat mempunyai banyak bentuk.. Walaupun biasanya kita menganggap pesan selalu dalam bentuk verbal (lisan atau tertulis), ini bukanlah satu-satunya jenis pesan. Kita juga berkomunikasi secara nonverbal (tanpa kata).
Saluran
Saluran komunikasi adalah media yang dilalui pesan. Jarang sekali komunikasi berlangsung melalui hanya satu saluran, kita menggunakan dua, tiga, atau empat saluran yang berbeda secara simultan.
Umpan Balik
Umpan balik adalah informasi yang dikirimkan balik ke sumbernya. Umpan balik dapat berasal dari anda sendiri atau dari orang lain. Dalam diagram universal komunikasi tanda panah dari satu sumber-penerima ke sumber-penerima yang lain dalam kedua arah adalah umpan balik.

5.Komunikasi Tatap Muka
Komunikasi tatap muka adalah komunikasi yang secara langsung terjadi antara face to face tanpa alat bantuan. Komunikasi tatap muka ini sangat penting dalam berbisnis
. Tujuan dari komunikasi tatap muka antara lain :
Mengerti akan pentingnya komunikasi tatap muka dalam memecahkan masalah.
Mengerti kapan komunikasi tatap muka lebih tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah.
Mengerti tentang komponen-komponen pokok agar komunikasi tatap muka menjadi baik.
Dapat mengembangkan ketrampilan dalam meningkatkan komunikasi tatap muka.
Mempelajari konsep-konsep pokok komunikasi tatap muka menjadi lebih baik






Daftar Pustaka :

1.www.google.com
2.Dewi, sutrisna.2006. Komunikasi Bisnis, yogyakarta : Andi.
3.Sri nawangsari, komunikasi bisnis ( buku paket), gunadarma, depok, 1997.